Home » , » Produksi dan Manufacturing

Produksi dan Manufacturing


Keberhasilan perusahaan dalam mencapat tujuanya ditentukan oleh berbagai faktor, salah satu diantaranya yang terpenting ialah kemampuan mendapatkan order dari para pelangganya. Agar produk-produknya menarik bagi pelanggan, perusahaan harus selalu berupaya meningkatkan mutu produk dan pekayananya serta menawarkan harga yang wajar bagi setiap produk yang diinginkan pelanggan.

PRODUKSI DAN MANUFAKTUR

Produksi yang dalam bahasa inggris disebut production ialah suatu kegiatan mengenai pembuatan produk baik berwujud fisik (tangible products) maupun berwujud jasa (intangible products). Pengertian diatas menjelaskan bahwa produksi adalah proses yang berkenaan dengan pengubahan (conversion) asupan (input) menjadi barang atau jasa. Istilah production berasal dari bahasa latin producer yang bermakna to lead forward yaitu membimbing ke depan. Pada masa kini, produksi merupakan salah satu fungsi dasar yang paling penting di masyarakat industry modern dan telah dipandang sebagai sebuah aktivitas budaya (SeikhK, 2001). Karena itu, suatu idea yang dikemukakan juga tidak jarang dipandang sebagai sebuah intangible product.

Manufacturing adalah proses produksi untuk menghasilakn produk-produk fisik (tangible products). Dalam pengertian sempit, manufacturing adalah proses mengkonversikan bahan baku menjadi produk-produk fisik melalui serangkaian kegiatan yang membutuhkan energy yang masing-masing menciptakan perubahan pada karakteristik  fisik atau kimia dari bahan tersebut (Dano1966). Internasional Conference on Production Research (ICPR) pada tahun 1983 mendifinisikan manufacturing sebagai serangkaian operasi dan kegiatan yang saling berhubungan yang meliputi : 
  1. Perancangan (design)
  2. Pemilihan bahan (material selection)
  3. Perencanaan (planning)
  4. Pembuatan (manufacturing)
  5. Penjaminan mutu (quality asurance)
  6. Serta pengelolaan dan pemasaran produk-produk (management and marketing of products). 
Baca Juga : Operasi-Operasi Sebagai Suatu Sistem Produksi

Istilah manufacturing berasal dari kata latin manu factum yang artinya dibuat dengan tangan. Tempat di mana kegiatan manufacturing dilakukan disebut pabrik (factory) atau workshop dan perusahaan yang mengelola manufacturing disebut perusahaan industry manufaktur (manufacturing firms).

Pada masa sekarang, manufacturing dilihat sebagai suatu proses yang mengintegrasikan kegiatan dari 3 pihak yaitu pemasok (supliers) bahan-bahan dan jasa  yang dibutuhkan dalam proses, pabrik pengolahan (manufacturing plants) dan para pelanggan (customers). Dengan edemikian, manufacturing harus dipandang sebagai serangkaian kegiatan produksi yang meliputi perencanaan (planning), perancangan (design), pengadaan (procurement), pengelolaan (production), pengelolaan persediaan (inventory management), pemasaran (marketing), penyaluran (distribution), penjualan (sales) dan penanganan limbah (waste disposal/recycling).

//////////////////////////////////////


0 Comment:

Post a Comment

Ayo Sobat jangan jadi SILENT READER ya, ? bagi dong komentarnya
jika Sobat tidak punya akun silahkan pilih Anonymous...
Dan gunakan kata-kata yang sopan ....