Home » , » Operasi - operasi Sebagai Suatu Sistem Produktif

Operasi - operasi Sebagai Suatu Sistem Produktif


Kita telah mendefinisikan manajemen produksi dan operasi sebagai manajemen sistem-sistem trasformasi yang mengubah masukan-masukan menjadi barang-barang dan jasa. Seperti disebutkan dimuka pendekatan ini memandang sistem-sistem transformasi tersebut sebagai suatu sistem produksi.

Pada umumnya, suatu sistem produksi adalah proses pengubahan masukan-masukan sumber daya menjadi barang-barang dan jasa yang lebih berguna. masukan-masukan ini diubah menjadi barang-barang atau jasa-jasa oleh teknologi proses yang merupakan metode atau cara tertentu yang digunakan untuk proses transformasi. Perubahan teknologi akan merubah cara satu masukan digunakan dalam hubunganya dengan masukan yang lain, dan mungkin juga merubah keluaran-keluaran yang diproduksi.

Gambar Operasi sebagai suatu sistem produktif


Jenis-jenis masukan yang digunakan akan berbeda-beda untuk masing-masing industri. Sebagai contoh, masukan-masukan pada industri mobil adalah modal dan energi untuk masing-masing, berbagai fasilitas dan peralatan. Dan masukan-masukan bahan mentah akan dibentuk melalui proses transformasi menjadi barang jadi.

Baca Juga : Model Pengembangan dan Penggunaan Kuesioner Kepuasan Pelanggan

Operasi
Masukan
Keluaran
BankKasir,staf, komputer, fasilitas, dan energiPelayanan-pelayanan finansial (deposito, kredit, penitipan dll)
RestauranKoki, pelayan, makan-makan, peralatan, fasilitas, dan energiHidangan, hiburan, langganan yang terpuaskan
Rumah SakitDokter, perawat, staf, peralatan, fasilitas dan energiPelayanan kesehatan, pasien sehat
UniversitasDosen, staf, peralatan, fasilitas, energi, buku-buku dan pengetahuanMahasiswa terdidik, riset, pengabdian masyarakat
Pabrik ManufakturingMesin, peralatan, tenaga kerja, dan bahan mentahBarang-barang jadi
PenerbanganPesawat terbang, pilot, pramugari, teknisi pemeliharaan, tenaga kerja, energiTraansportasi dari satu lokasi ke lokasi lain
Tabel Berbagai contoh sistem produktif

Tabel diatas menunjukkan beberapa contoh tambahan sistem-sistem produktif dalam masyarakat. Dengan mempelajari operasi-operasi sebagai sistem transformasi, maka akan diperoleh banyak manfaat tentang bagaiaman cara untuk memperbaiki desain operasi dan pembuatan keputusan.

Share This :


0 Comment: