Home » , » Hayoo, Siapakah Market Instagram ?

Hayoo, Siapakah Market Instagram ?




Haloo haloo selamat pagi semua, yah kembali lagi di blog yang ala kadarnya seperti ini, untuk postingan kali ini adalah lanjutan postingan yang kemarin ya,, klo belum tau bisa klik linknya di bawah ini :


Ok kita lanjut lagi, 😊 
Kalau kita bicara tentang "market" dalam bisnis tertentu harus punya "market". Nah apa jadinya ya kalau bisnis kita tidak punya market ? Setiap medsos punya marketnya sendiri-sendiri. Misalnya nih ya facebook siapa marketnya ? lalu Twitter, siapa marketnya ?

Mengenai market instagram, kita tau bahwa pengguna instagram di indonesia lebih banyak wanita dibanding pria. Sudah disebutkan dipostingan sebelumnya juga kalau pengguna instagram adalah market Middle To High, dimana kalau kita lihat di mall banyak wanita sosialita memegang iphone/ipad dan membuka instagram. Nah itulah target marketnya yaitu WANITA.

Apalagi seorang wanita mempunyai 3 peraturan kalau mau berbelanja :
1. Memang lagi butuh
2. Belum butuh sih tapi nantinya pasti kepake kok
3. Ga butuh sih tapi lucu bangeet

Nah bisa dilihat dari sifat wanita yang seperti ini, jelas ini semua ada dimarket instagram, karena balik lagi instagram adalah "visual database".
Oleh sebab itu, kekuatan closing 90% terjadi di foto produk. Market instagram juga masih merupakan market premium. Dimana kita bisa menjual produk yang sama dengan harga sedikit lebih mahal yang disajikan dalam foto yang berbeda.

"Jaman sudah berubah, kamu dituntut kreatif untuk menghasilkan suatu yang berbeda dari yang lain"

  
Banyak orang yang tidak sadar bahwa instagram itu mengandalkan kekuatan visual atau gambar. kenapa Clumsy bilang 90% dan 10% ? Ini dia penjelasanya

Instagram adalah sosial media dengan basic "visual". Oleh sebab itu kekuatan terbesarnya ada pada "visual" dan diperkirakan 90% closing terjadi di instagram karena "visual" sisanya ada pada text. Gambar yang baik pada instagram adalah gambar yang memiliki resolusi baik alias tidak buram, tidak pecah atau tidak gelap dan tidak ada noise dalam kata lain "SEMUANYA JELAS".

Olshop instagram erat kaitanya dengan foto produk, maka dari itu kalau kamu follower dari @TrikPhotoshopID pasti pernah menyimak tweet Clumsy tentang mini studio, Low Budget High Impact.

Pembuatan mini studio sangat diperlukan bagi kalian yang memiliki produk kecil-sedang, misalnya case handphone, powerbank, topi, sepatu, acc komputer/laptop dll. sudah ada bayangan belum gimana bentuknya mini studio itu ? nih contohnya :


Untuk mendapatkan mini studio seperti ini kalian bisa beli di Marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee dll, atau kalian ingin bikin sendiri untuk menghemat biaya bisa lihat tutorial pembuatanya di sini http://bit.ly/ministudiomurah atau bisa langsung search di mbah google ya ..

Dibagian dalam box terserah apakah kamu mau pakai ornamen seperti rumput buatan/rumput asli, hehe, penggulung sushi atau kertas kado pkonya seterah kalian sebagai alas produknya. Yang paling penting adalah foto produk harus jelas. Karena foto produk adalah faktor yang sangat mempengaruhi berhasil atau tidaknya kamu menjual produk kalian di dunia online. Misalnya produk yang ingin kamu jual adalah produk fashion seperti baju atau tas kamu bisa minta teman kamu yang lumayan cantik/ganteng untuk menjadi model produk kamu. Konsep foto produk fashion juga bisa menggunakan konsep indoor atau outdoor. Banyak sekali inspirasi foto produk fashion di google, kalau kamu tidak males, psati mau nyari.

Kalau kamu sadar, user interface instagram adalah "gambar" dlu baru "text", dan gambar yang harus kamu upload harus menciptakan gimmick sehingga orang tertarik untuk follow akun instagram kamu dan akhirnya terjai transaksi. Kalau kamu bisa photoshop, gak perlu keahlian khusus, cuma perlu pengetahuan basic saja tentang photoshop, setelah kamu foto produk, lebih baik kalau fotonya diedit sedikit di photoshop. Pakailah tools yang standart brighness / contrast. Cukup itu aja untuk memainkan gelap terangnya foto apalagi sekarang banyak banget yang bisa dipakai secara instan tinggal klik ini itu uda jadi. Untuk kamera tidak perlu kamu beli kamera mahal untuk start up, cukup pakai handphone kesayangan kalian dengan fitur autofocus dan memiliki minimal 5mp sudah cukup. Jika ada budget lebih. kamu bisa menggunakan kamera dslr untuk upgrade foto-foto produk kamu .

ok mungkin cukup disini dlu ya untuk postinganya,, next tunggu saja postingan selanjutnya,, ok see you next time kawan...

///////////////////////////////

Share This :


0 Comment: